Sabtu, 20 November 2010

Tempat Wisata Indah dari Pulau Gilis

Author: MD
Image Goes Here

Nama pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat, sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan manca negara maupun lokal. Akan halnya dengan Pulau Gilis, tempat wisata ini selalu jadi target wajib wisatawan mancanegara, sesampainya di Lombok. Rupanya, lokasi di desa Gili Indah, kecamatan Tanjung Gugusan, menawarkan indahnya pulau-pulau kecil yang berbaris sejajar ini. Di atasnya, wisatawan bisa menikmati kecantikan alami pasir putih, pemandangan bawah air yang menawan, dengan fasilitas yang tidak kalah uniknya.

Gili Trawangan

0203_tempat_wisata_indah_pulau_gili_2.jpg
Adalah pulau terbesar dari ketiga pulau (gili), di sebelah barat laut Lombok. Identik dengan kepulauan, tentu pantai adalah tempat yang wajib dikunjungi. Wisatawan umumya  menggemari scuba diving, snorkeling di pantai sebelah timur laut, bermain kayak, ataupun berselancar.  Kala malam menjelang, Trawangan berubah menjadi “Party Island”. Selalu ada pesta di sini, dan tempatnya pun selalu berpindah-pindah. Selain itu, tempat wisata ini juga menyajikan fasilitas paling beragam ketimbang pulau-pulau lain, bahkan diklaim menjadi satu-satunya pulau kecil di dunia yang memiliki bar Irlandia.

Gili Meno

0203_tempat_wisata_indah_pulau_gili_3.jpg
Pulau kedua yang menjadi tempat wisata bernama Gili Meno. Untuk menempuhnya dari Mataram memerlukan waktu 45 menit, melalui kawasan wisata Senggigi. Keunikan yang ditawarkan pada wisatawan di sini adalah koleksi burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Meski jumlahnya tidak seberapa, tetapi memandangi satwa langka dan unik di alam bebas, nampaknya menjadi magnet yang sangat berkesan bagi para turis. Selain itu, pasir putihnya tetap bersahabat bagi turis keluarga yang datang.

Gili Air

0203_tempat_wisata_indah_pulau_gili_4.jpg
Di pulau terakhir ini, suasana sepi menjanjikan ketenangan tersendiri bagi turis. Ternyata, tak satupun kendaraan bermotor yang diperbolehkan beroperasi di Gili Air. Hanya cidomo (dokar) dan sepeda yang boleh lalu-lalang. Selain tempat wisata tanpa kebisingan, pulau ini juga menawarkan sunrise dari balik gunung Rinjani, dan sunset di balik gunung Agung Bali. Sedang wisata bawah lautnya menawarkan kedalaman laut antara 1-6 meter di sekitar pantai, kima (clam) biru dan kuning dengan aneka ukuran, blue coral, bunga karang selebar meja kecil, tiger fish, moon fish, serta ikan berwarna-warni lain yang mudah ditemukan.

Harga penginapan di tiga pulau ini cukup beragam, tapi umumnya berkisar antara Rp 350 ribu hingga dua juta rupiah. Harga makanan pun serupa. Dengan tawaran menu khas Indonesia sampai Eropa, harganya rata-rata berkisar Rp 20 ribu untuk makanan biasa.
Share/Save/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar